Info Terkini

Software CAT ala Anak Kampung

Pada penerimaan CPNS tahun ini, pemerintah mewajibkan penggunaan sistim Computer Assisted Tes (CAT) sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

Sistim Computer Assisted Tes (CAT) adalah metode seleksi menggunakan software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Guna memasyarakatkan penggunaan sistim CAT, baru-baru ini Kemenpan meluncurkan layanan latihan atau simulasi gratis menggunakan aplikasi tersebut lewat jaringan internet (online) yang beralamat di http://simulasicat.menpan.go.id/ yang diperuntukan bagi seluruh pelamar CPNS yang ingin mencoba mengenal sistim tersebut.

Selain dari pihak kementerian, ditemukan juga beberapa aplikasi serupa yang dikembangkan oleh beberapa orang/pribadi atau komunitas, tujuannya pun sama yaitu untuk lebih memasyarakatkan penggunaan sarana IT untuk proses seleksi penerimaan pegawai.

Sayapun mencoba mengembangkan aplikasi latihan soal-soal seleksi penerimaan CPNS yang diberi nama “Latihan Ujian CPNS ala Anak Kampung”, Pada aplikasi tersebut, tersedia 50 pertanyaan sebagai bahan pembelajaran. Untuk mencoba menggunakan aplikasi ala anak kampung dapat diunduh di sini.

Mohon saran dan kritik jika ada yang kurang berkenan dalam pengembangan aplikasi tersebut. [] - 01

0 Response to "Software CAT ala Anak Kampung"

Post a Comment