Info Terkini

Sangiangapi Berstatus Waspada

KM RUNGGU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman SH mengatakan bahwa gunung Sangiang yang meletus beberapa bula lalu, kini status sudah turun ke level II atau Waspada. Sebelumnya Sangiangapi berstatus  Siaga atau level III.

Dikatakan Mantan Kadis Sosial itu, penurunan status level Sangiangapi dari Siaga ke Waspada adalah berdasarkan surat dari Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) Bandung nomor 1799/45/BGL.V/ 2014 tertanggal 15 Juni 2014. “Penurunan status itu berlaku sejak tanggal Tujuh Belas Juni jam Tujuh Belas kosong kosong waktu Indonesia Tengah,” jelas Wahab.

Lanjutnya, walaupun demikian kata Wahab, PVMBG masih menetapkan zone bahaya dalam radius 5 kilometer. Oleh karena itu, masyarakat dilarang untuk melakukan aktifitas di zone yang sudah ditentukan itu. “Lebih lebih pada lembah sungai yang dahulu dari pusat aktifitas/puncak gunung api agar terhindar dari bahaya aliran lahar yang mungkin terjadi pada saat hujan dating,” ingat Wahab.

Selain itu, diharapkan juga kepada masyarakat agar tidak lekas percaya atau terpancing dengan isyu negative tentang letusan Sangiangapi. “Kadang kadang banyak oknum yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi disaat musibah seperti itu,” harapnya

Untuk itu, masyarakat  senantiasa mendengarkan arahan atau petunjuk para petugas maupun aparat terkait dilapangan. “Demi keselamatan warga, alangkah baiknya mendengarkan arahan petugas yang ada di lapangan. Selalu berkoordinasi dan konsultasi dengan petugas,”Pungkas Wahab. (Ris)

0 Response to "Sangiangapi Berstatus Waspada"

Post a Comment